Musim Haji 2017, Kuota Haji Indonesia Kembali Bertambah

Foto: Mekkah di Malam Hari —Tom Abercrombie/National Geographic


Tahun 2016, Pemerintah Kerajaan selaku penyelenggara haji, terpaksa mengurangi kuota berbagai negara. Pengurangan ini sebagai dampak insiden di Mina dan rubuhnya crane di area Masjidil Haram pada tahun 2015 lalu. merasa perlu untuk memastikan keamanan jemaah haji, salah satunya dengan membatasi jumlahnya. Jatah negara non-Arab dikurangi 20 persen sementara negara-negara Arab dikurangi 50 persen.

Di tahun 2016 lalu, hanya mendapat kuota haji sebanyak 168.800. Jumlah ini adalah yang terkecil yang pernah disetujui dalam 10 tahun terakhir. Dampaknya adalah antrean ebrangkat haji menjadi semakin panjang.

Rabu, 11 Januari 2017, Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar baik. Kuota haji akan kembali normal. Indonesia mendapat tambahan jatah 10 ribu, sehingga menggenapkan total kuota menjadi 221 ribu.

menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah atas penambahan kuota haji. Penghargaan dan apresiasi (juga disampaikan) atas upaya pemerintah Arab Saudi untuk terus meningkatkan pelayanan haji,” kata Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers di Istana Merdeka.

Penambahan kuota haji ini sebagai hasil tindak lanjut kunjungan Presiden Jokowi ke pada September 2015. Presiden Jokowi juga bertemu dengan Deputi Kerajaan Arab Saudi di Guang Zho pada September 2016, dan mengutus Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ke Arab Saudi pada awal Januari lalu.

Alhamdulillah….

Asraria Khudi
Latest posts by Asraria Khudi (see all)
%d bloggers like this: