Meski Tak Punya Parkiran, Tempat Nongkrong Baru di Blok M ini Perlu Dikunjungi

Kapan hari itu, saya ada janjian ketemu dengan Bang Andi Muhyiddin –yang biasa disapa Dio. Kantor Bang Dio di Gondangdia, kantorku di Mampang, maka kami sepakat untuk bertemu di di tengah-tengah.

Tapi muncul kebingungan baru ketika akan memutuskan akan di Blok M sebelah mana. Desan, istriku, lalu menyarankan . Katanya tempat itu sedang ramai dibicarakan oleh -ibu di medsos.
Saran itu saya sampaikan ke Bang Dio, dan ternyata istrinya juga pernah menyebut tempat itu sebagai tempat nongkrong yang perlu didatangi.

Maka akhirnya sepakatlah kami bertemu di M Bloc.


Tadinya saya pikir tempat itu cuma kayak jejeran kafe-kafe biasa yang monoton, sejuk dan mahal. Tapi ternyata, M Bloc jauh lebih keren!

Pantaslah kalau digadang-gadang sebagai tempat nongkrong baru millenial Jakarta. Padahal tempat ini dahulu adalah lahan yang terabaikan. M Bloc menempati bekas bangunan percetakan uang PT. Peruri yang sudah kosong selama sekitar 25 tahun.

Ruang publik bernama resmi M Bloc Space ini diprakarsai oleh beberapa orang, yakni prosuder Handoko, musisi Glenn Fredly, arsitek Jacob Gatot Sura, sutradara Lance Mengong, pebisnis Mario Sugianto, dan Wendy Putranto.
Melalui perjanjian kerja sama, PT. Peruri menawari mereka untuk membuat ruang publik kreatif dengan konsep vintage

Ada sekitar 17 gerai, mulai dari fashion, musik, hobi, hingga kuliner. Gerai-gerai itu diharapkan mewakili keinginan dan selera kaum millenial.

Uniknya, semua gerai kuliner di tempat ini adalah brand lokal.

“Gerai kuliner kita kurasi. Semua gerai makanan di sini harus brand lokal. Jadi gak boleh gerai asing masuk ke M Bloc Space. Jenis makannya pun dibagi dari berbagai daerah,” tutur Jacob Gatot Sura, sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Gerai makanan yang bisa dinikmati di M Bloc Space, di antaranya gerai Padang To Go, Katong Dapur Manado, atau menu Jawa di gerai Mbok Ndoro. Ada juga gerai Chickro, Titik Temu, Roastman, Suwe Ora Jamu, Tokyo Skipjack, dan Gelato.

Tak hanya gerai kuliner, di area seluas sekitar 7000 meter persegi ini juga disediakan ruang tengah berkonsep outdoor untuk tempat berkumpul. Selain itu ada juga area indoor yang disediakan untuk panggung musik atau acara lainnya.

Rencananya, M Bloc Space juga akan menjadi tempat unjuk kebolehan para musisi. Itu sudah dimulai ketika musisi-musisi kenamaan seperti Glenn Fredly, Tompi, hingga Mocca, tampil saat peresmian M Bloc Space pada 26 September 2019.

Kehadiran M Bloc Space menjadi semacam upaya menghadirkan kembali nostalgia Blok M jaman dulu pasca era Lintas Melawai.  Sayangnya, di tempat ini tidak disediakan area parkir. Pengelola hanya menyiapkan jasa valet parkir.

Tapi tak perlu khawatir, M Bloc Space bisa diakses dengan transportasi umum seperti Transjakarta dan MRT. Halte Transjakarta terdekat adalah Halte Blok M, sedangkan halte MRT terdekat adalah Halte ASEAN.

M Block Space yang berada Jl Sisingamangaraja 37 AH, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini, buka pukul 8 pagi sampai pukul 11 malam.

Wah, sibuk membicarakan M Bloc, saya sampai lupa memperkenalkan Bang Dio. Jadi, Bang Dio adalah salah satu tokoh muda pers Indonesia yang….