Arts & Culture

Gunakan Sampah Dapur Segarmu Langsung Jadi Media Tanam

Gunakan Sampah Dapur Segarmu Langsung Jadi Media Tanam

Buat yang hobi berkebun dan masak sayur mayur, atau makan buah-buahan, sekarang ada memanfaatkan sisa sampah sayur atau buahmu yang ramah lingkungan dan ramah di kantong juga. Yaitu memanfaatkan langsung sisa sampah dapur segar itu menjadi media tanam tanaman di , lumayan kan jadi gak mesti beli media tanam baru ?

Caranya mudah banget, dan daripada saya cerita panjang lebar, bisa langsung ditonton videonya di bawah ini :

Saya sudah mencoba metode ini. Dan Alhamdulillah berhasil. Ini contohnya :

Kale yang tadinya stunting kini tumbuh segar | by Ferona

Awalnya di pot hitam itu ada dua Kale yang tumbuh stunting. Satu Kale malah sudah mati duluan tak sanggup bertahan. Jadi di sebelahnya saya sempat coba tumbuhkan daun bawang. Dan setelah menggunakan material sampah dapur dan , Kale yang tersisa ternyata bisa survive dan tumbuh subur. Bonus pohon pepaya pula hahaha.

Kalau penasaran apa isi dalam pot hitam yang diatasnya ada Kale dan dua pohon pepaya itu, maka lihatlah isi pot hitam di bawah ini:

Pot diisi dengan sampah dapur organik, diaduk rata dengan bio compound | foto by Ferona

Kalau lihat di Youtube Bio Compound, sampah dapur segar itu sebaiknya dicacah kecil-kecil dulu agar terurai. Tapi saya mah kan Lazy Gardener yah. Jadi dipotong secukupnya saja. Lalu diaduk rata dengan pupuk kandang, dan setelah saya letakkan di pot, maka harus ditutup cukup rapat dengan lapisan tanah atau kompos supaya tikus gak mencium bau makanan kesukaannya itu. Saya sudah mengalaminya sendiri itu pot diobrak-abrik tikus demi mengambil sisa sampah dapur yang kurang rapat saya tutup dengan tanah.

Dan ohya sebaiknya tanam tanaman yang sudah cukup kuat dan jangan lupa semprot juga bagian akarnya. Ini bukan untuk menyemai bibit, tapi untuk tempat tumbuh tanaman yang sudah agak kuat.

Dan satu lagi, kalau ada biji buah, terserah sih mau langsung dimasukkan atau mau dicacah dulu. Kalau utuh dimasukkan nantinya jadi kayak Pot Kale saya yang di sebelahnya ada dua pohon Pepaya tumbuh subur, dan yeah sebelumnya ada pohon kedondong juga yang tumbuh tapi udah saya cabut duluan sebelum menjadi terlalu besar seperti pohon pepaya ini.

Beli Bio Compoundnya bisa langsung ke Toped atau Shopee ya temans … Selamat bertanam!

By ferona

Food Blogger, Baking-Blues Baker & Lazy Gardener